Pantau Arus lalulintas dari Detik Perdetik  Melalu

Dishub Pekanbaru Pasang 23 Kamera CCTV di Sudut Kota 

Plt Kadishub Pekanbaru Yuliarso SSTP berbincang dengan Kepala Seksi Manejemen Kebutuhan Lalulintas Sarwono di ruangan Pusat Kendali Arus Lalulintas kemarin.

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)---Guna memantau perkembangan informasi arus lalulintas secara cepat di Kota Pekanbaru, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru telah memasang sebanyak 23 kamera Closed Circuit Television (CCTV) di sudut-sudut Kota Pekanbaru. Selain itu, untuk melihat Kota Pekanbaru dari detik perdetik, maka Dishub juga menyediakan ruangan kendali khusus yang berada di Kantor Dishub lantai II, Jalan Dr Seotomo.Plt Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso saat dikonfirmasi wartawan melalui Kepala Seksi Manejemen Kebutuhan Lalulintas Sarwono mengatakan, bahwa peralatan kamera CCTV yang sudah terpasang itu ada di Jalan Jenderal Sudirman, depan Polda dan Gajah Mada, Diponegoro. ''Untuk peralatan CCTV ini dibantu oleh Kementrian Perhubungan pada tahun 2018 yang lalu. Selain itu, kita juga dibantu oleh pihak provider yang ada di Kota Pekanbaru. Dengan adanya peralatan ini, maka kita akan cepat melihat secara langsung perkembangan arus lalulintas di ruas jalan tersebut, sehingga jika ada krodir, kita akan cepat mengetahuinya,'' ungkap Sarwono.

Dijelaskan Sarwono, peralatan CCTV dan kamera ini tersambung langsung melalui piber optik, sehingga bisa dikendalikan melalui ruangan pusat kendali yang dioperasikan oleh petugas yang selalu stanbay.''Untuk mengeoperasikan peralatan ini, kita ada 8 personil dan dibagi dua sip. Untuk sipa pertama ada empat orang dan sip dua ada empat orang. Jadi mereka (petugas ) yang siap melihat secara langsung perkembangan aruslalulintas melalui layar TV LCD. Dengan begitu, apa kondisi terkini yang ada di dua titik tersebut bisa terpantau dengan cepat. Begitu juga , jika ada kendala, maka kita siap melakukan pengaturan di lapangan dengan berkordinasi dengan petugas kita yang ada, sehingga arus lalulintas tidak terganggu,'' ujar Sarwono.

Lebih jauh dikatakan Sarwono, dalam melakukan pengaturan dan pemantauan arus lalulintas di lapangan , pihaknya juga selalu berkordinasi dengan Satlantas Polresta Pekanbaru.''Kalau kordinasi terus kita lakukan dengan jajaran Satlantas Polresta. Maka dari itu, jika ada crodit di lapangan, maka kita bersama-sama untuk melakukan pengaturan, sehingga tidak terjadi kemacetan lalulintas,'' terang Sarwono.

Mantan Kasubag Parkir ini menambahkan, dalam waktu dekat ini, direncanakan akan ada bantuan penambahan peralatan kamera untuk penunjang kinerja di ruangan pusat kendali arus lalulintas ini.''Kita terus berupaya menjalin komunikasi dengan Kementrian Perhubungan agar bisa memberikan bantuan. ''ya rencananya, akan ada penambahan kamera dan display untuk memantau perkembangan arus lalulintas. Kita akan pasang dua titik lagi, yakni di Jalan Sudirman Hangtuah dan Jenderal Sudirman T Tambusai. Semoga, nantinya apa yang kita inginkan bisa tercapai. Hal ini dalam rangka memberikan pelayanan dan pengaturan yang baik untuk masyarakat,'' harap Sarwono.(Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar